Total Tayangan Halaman

Sabtu, 08 Februari 2014

Resep Kue Donat

Cara Membuat Kue Donat 


Ada yang sudah pernah mencobaaaa......gampang lhoooo membuatnya....ayoooo...yang belum pernah mencoba...siapa tau putra putri anda suka dengan kue donat apalagi sama kue donat buatan mamanya sendiri....Hmmmmmmm....pasti deeehh anak anak suka dan mamanya juga langsung senang dapat pujian..Sssssttt...yang terakhir itu hanya sebuah bonus..yang terpenting adalah bagaimana cara membuat kue donat ini kaann.....Okee.Yuuuuk..kita intip bahan bahannya serta cara pembuatannya yaaa...



BAHAN :

200 gram tepung terigu protein sedang (segitiga biru/lencana)
50 gram tepung terigu biasa (ituuu lhoooo yang beredar dipasaran yang dijual diwarung atau dipasar kemasan curah tanpa merk)
 100 gram gula pasir
1/2 sdt garam
1/2 sdt Ragi instan/fermipan/yeast
1 butir telur
40 gram margarin
2 sdm susu bubuk
air es kurang lebih 125cc
coklat blok secukupnya
meises warna warni/coklat juga boleh terserah selera
minyakgoreng secukupnya


 CARA MEMBUAT:

  1.  Campur bahan tepung terigu protein sedang,tepung terigu biasa,garam,ragi ,telur,susu bubuk,margarin dan air es sedikit demi sedikit sampai tercampur rata.Naahhhh...sampe disini pasti ada yang pernah mencoba membuat kue donat tapi adonannya keenceran...iyaaaa kan...makanya pada saat menuang air es keadonan sedikit demi sedikit untuk menghindari adonan terlalu encer.Tapi seumpama adonan sudah terlanjur encer...tambahkan tepung terigu protein sedang secukupnya dan ragi sedikit saja ini untuk menghindari adonan bantat. Aduk sampai adonan kalis ..benar benar tercampur rata.
  2.  Kalo semua bahan sudah tercampur dengan baik(tidak encer) diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit sampai terlihat mengembang.Setelah itu bagi adonan menjadi bulatan bulatan kecil dengan berat kurang lebih 40gram,atau dikira kira sebesar telur ayam,pipihkan sampai adonan habis.Pada saat kita membentuk bulatan bulatan itu apabila adonan lengket ditangan,usapkan tepung terigu sedikit sebelum mengambil adonan supaya tidak lengket ditangan.Dan tempat untuk menaruh adonan yang sudah dibulatkan ditaburi dengan tepung terigu sedikit supaya tidak lengket dialasnya.
  3. Kemudian diamkan lagi selama kurang lebih 15 menit .Setelah itu ambil adonan satu persatu dan buat lobang ditengahnya...apabila anda mempunyai cetakan donat bisa memakai cetakan tersebut agar hasilnya lebih rapi. 
  4.  Siapkan wajan dan minyak goreng setelah panas baru digoreng satu persatu sampe selesai. 
  5. Lelehkan coklat blok:caranya siapkan teflon atau wajan masukan coklat blok pelan pelan .Ingat sebentar saja yaaa...karena kalo terlalu lama coklat bisa gosong...jadi pada saat memanaskan bisa sambil dipegang dan agak ditekan kewajan supaya cepat meleleh dan tidak gosong.
  6. Setelah coklat dilelehkan,,,tempelkan donat satu persatu kecoklat lel;eh dan celupkan kedalam taburan meises.Lakukan sampai selesai dan kue donat siap dihidangkan.  
 SELAMAT MENCOBA...........

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons