Total Tayangan Halaman

Minggu, 09 Februari 2014

Resep Kue Klepon

Resep Kue Klepon

Hmmmmmmm.........inget kan sama kue tradisional yang satu ini....yang banyak beredar dipasaran...dengan warna hijau muda dibalur parutan kelapa dan gula merah didalamnyaa...menimbulkan sensasi tersendiri saat memakannya.Tapi apakah pernah mencoba membuatnya sendiri dan gagal...???adonan keenceran atau tidak bisa dipulung padahal sudah sesuai resep yang anda baca dinternet atau dari teman...ini dia cara pembuatannya beserta tipsnya bila adonan yang anda buat keenceran ataupun tidak bisa dipulung.Yuuuuuukkk..........mareeee....


BAHAN:

 200gram tepung ketan putih rose brand
1/2 sdt garam
air putih secukupnya (bukan air hangat ataupun air es)
gula merah disisir tipis2 secukupnya
2 tetes pewarna makanan (apa saja boleh terserah selera)
kelapa parut dikasi garam sedikiiiiiiit saja


CARA MEMBUAT:

  1.  Campur tepung ketan,garam,pewarna makanan dan air sedikit demi sedikit sambil diaduk.Bila sudah tercampur rata adonan diuleni sampai bisa dipulung...bila saat fase ini adonan keenceran...bisa ditambahkan tepung ketan secukupnya sampai adonan bisa dipulung begitu pula sebaliknya bila adonan tidak bisa dipulung karena terlalu kering bisa ditambahkan air lagi sampai adonan benar benar lembut dabbisa dipulung(tidak menempel ditangan )
  2.  Bentuk adonan menjadi bulatan bulatan kecil kemudian tengahnya diisi gula pasir secukupnya.Lakukan sampai adonan habis.
  3.  Siapakan panci kecil..rebus air kurang lebih 500cc dan tunggu sampai mendidih,setelah itu masukaan adonan yang sudah dibulat bulat semuanya...tunggu sampai bulatan bulatan tadi mengambang diair rebusn.Angkat dan tiriskan.
  4. Setelah agak dingin gulingkan bulatan bulatan tadi kedalam kelapa parut yang sudah dicampur garam sedikit dan sajikan.
NB :
  • Jangan terlalu lama merebusnya...bila bulatan bulatan tadi sudah mengapung sebaiknya segera diangkat karena bila terlalu lama bulatan bulatan tadi akan menjadi lembek dan pecah(mblenyek).
  • Kelapa parut supaya awet dan tidak cepat basi sebaiknya dikukus terlebih dahulu...akan tetapi tidak juga tidak apa apa asalkan pada saat sebelum diparut kelapa dicuci dengan bersih,saya jamin tidak basi sampai sore,tapi kalo pake kelapa parut yang sudah dijual dipasaran..tengah hari  pun sudah basi karena proses pencucian sebelum diparut tidak bersih.
  • Disini yang sudah dicoba saya tidak memakai air kapur sirih atau enjet..jadi air putih biasa.



SELAMAT MENCOBA

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons