Total Tayangan Halaman

Jumat, 07 Februari 2014

Resep Bolu Kukus Sederhana







Selama ini mungkin pembaca kesulitan ya dalam mengaplikasikan pembuatan kue ini.....kue yang sebenarnya terbilang sederhana namun buat saya yang pernah mencoba membuatnya ...meski sudah browsing kesana kemari...memakai tepung instant Pondan yang sudah siap pakai... ternyata butuh resep jitu untuk mengakali supaya kue bolu kukus ini bisa berhasil mengembang dengan sempurna.He...he..tau g si ...saya sendiri mencoba membuat kue ini sampai 5x percobaan bru bisa berhasil mengembang dengan baik dan engga bantat...ha...ha...5x...uuupsssss....keliatannya payah bgd ya ...sampe berkali kali bru bisa....tapi pada saat saya sharing dengan teman teman saya yang juga suka memasak kue....ternyata kue bolu kukus ini memeng susah susah gampang lhooo buatnyaa....padahal kadang kita menganggapnya sepele ya dalam pembuatannya...selain bahan bahan yang mudah didapat..peralatan yang digunakan pun cukup sederhana.oke..pembaca...ini resep bolu kukus special dari saya...saya jamin tidak bantat dan hasilnya enak...karena beberapa teman saya pun sudah mencobanya dan mempraktekannya.Selamat Berkreasi.

Bahan :
250gram tepung terigu protein sedang (segitiga biru/lencana/rose brand)
250 gram gula pasir
1sdm ovalet
1/2 sdt Baking Powder
1/2 sdt garam
1/2 sdt vanilli
250cc air soda(sprite)
3 butir telur
2 Tetes Pewarna makanan (warna biru )
2 Tetes Pewarna makanan warna ungu
kertas kue
cetakan bolu kukus

CARA PEMBUATAN
  1.  Campurkan tepung terigu,gula pasir,telur,ovalet,baking powder,garam,vanili,air sprite,aduk perlahan kemudian dimikser dengan kecepatan tinggi selama 45 menit sampai 1 jam.Sprite dan telur apabila disimpan dikulkas harus dikeluarkan terlebih dulu sampai sesuai dengan suhu ruangan..karena kalo tidak..kue bolu kukus akan menjadi bantat alias tidak mengembang.1jam ya pembaca miksernya....sebaiknya pake mikser duduk saja pembaca biar g cape megangnya....lagian juga bisa sambil nyiapain bahan bahan lain .
  2. Siapkan dandang atau panci  untuk mengukus,ngisi airnya jangan banyak banyak yaaa......supaya g sampe nyenggol kuenya nantinya...tunggu sampai airnya mendidih.ini dilakukan kira kira setelah kue dimikser 45 menit.
  3. Setelah bahan bahan tadi selesai dimikser.....ambil beberapa sendok makan adonan ...bagi 3...4-5 sdm adonan dikasi perwna makanan warna ungu dan warna biru.(kalo pembaca terserah boleh apa ajah warnanya)
  4. Tuang adonan warna putih sampe 3/4 cetakan kemudian hias dengan adonan warna tadi...lakukan sampe adonan habis.
  5. Kemudian masukan kedalam panci atau dandang yang sudah mendidih airnya tadi yaaa....tutup rapat2 dan tunggu selama kurang lebih 15 menit sampai 20 menit.oyaaa...untuk mengatasi embun yang jatuh dari tutup panci pada saat pengukusan...sebaiknya tutup panci dibungkus dengan kain/lap .karena ini akan berpengaruh pada proses pematangan kue.air embun yang jatuh pada saat pengukusan apabila tidak menggunakan lap seperti tadi ...bisa menyebabkan kue menjadi tidak mengembang alias bantat.

NB:Untuk cetakan kue bolu kukus dan kertas cupnya..ukurannya macam macam lhoo....ada yang kecil ,sedang dan besar...terserah pembaca mau pake yang mana ..sama saja...
.
SELAMAT MENCOBA..............

 


 




2 komentar:

06manports53 mengatakan...

Mantap mba hanny.......sdh gak bantat lagi ya bolu kukusnya?

Unknown mengatakan...

ha..ha..ha...alhamdul;ilaaah udah g bantat,,,tapi penuh perjuangan ....

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons